United Indonesia - Manchester United Indonesia Supporters Club

United Indonesia - Manchester United Indonesia Supporters Club (http://www.unitedindonesia.org/forum/index.php)
-   General Football (http://www.unitedindonesia.org/forum/forumdisplay.php?f=19)
-   -   ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★ (http://www.unitedindonesia.org/forum/showthread.php?t=3776)

Oom Panda 07-09-2011 11:14 AM

★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
Kekalahan Timnas Senior Indonesia semalam membuat saya berpikir, apakah memang ini takdir sepakbola Indonesia ataukah kita bisa kembali bangkit dari keterpurakn yang sangat ini untuk kembali menjadi salah satu macan sepakbola Asia (atau setidaknya ASEAN)

Disaat semua negara tetangga di ASEAN berbenah untuk menuju masa depan persepakbolaan mereka yang lebih baik, kita pun sebenarnya ikut berlari, sayangnya saat negara tetangga berlari ke depan, kita hanya berlari di tempat saja.

Prestasi apa yang bisa kita banggakan sampai saat ini? Medali emas SEA GAMES 1991? Ataukah kita memecahkan rekor Runner Up terbanyak di ajang Kompetisi ASEAN (AFF Cup or Tiger Cup) dengan raihan 4 kali Runner Up di tahun 2000, 2002, 2004, dan 2010?? atau mungkin menjadi negara yang paling sering mengganti pelatih timnasnya dengan average masa kepelatihan 1,5 tahun?? Total mulai tahun 1991 hingga tahun 2011 ini, Indonesia telah berganti pelatih sebanyak 14 kali.. #NiceRecord eh?

Tapi apakah rekor-rekor itu yang diimpikan oleh seluruh rakyat Indonesia?? Jawabannya mungkin 100% tidak... Tapi kenyataannya Sepakbola Indonesia tidak sekalipun berkembang dalam 10 tahun belakangan ini.

Kita kembali ke zaman tahun 1990-an dimana Liga Indonesia benar2 menampilkan kompetisi yang sangat kompetitif dan liga pun tertata dengan baik. Pembinaan pemain muda (saat itu primavera dan baretti) benar2 dimaksimalkan untuk melahirkan bibit2 pemain muda yang berbakat dan mampu mendobrak kompetisi internasional di Asean dan Asia. Tapi memasuki milenium, Indonesia mulai melihat turunan yang sangat curam dan tanjakan yang sangat panjang dan berkelok.

Pelatih2 top baik lokal maupun asing mulai dipanggil untuk mendongkrak prestasi timnas Indonesia, namun sayangnya kompetisi Liga juga semakin menurun kualitasnya. Kerusuhan dan permainan kasar mulai diperlihatkan dan segalanya terlihat semakin suram.

Berbagai macam cara dicoba untuk menyelamatkan sepakbola Indonesia. Mereka2 yang menganggap bahwa kompetisi Liga adalah sesuatu yang harus diperbaiki dan melihat kompetisi yang sekarang ini tidak akan membawa sepakbola Indonesia ke arah yang lebih baik, maka dibuatlah kompetisi liga tandingan. Aksi yang membuat konflik antara 2 pihak berkuasa di persebakbolaan Indonesia. Untuk sementara kompetisi tandingan ini belum terlihat sebagai sesuatu yang positif untuk timnas Indonesia, tapi who knows what happen in next 3 years.

Yang kedua adalah dengan aplikasi Instant ala PSSI dengan Naturalisasi. Pemain2 asing yang "hebat" di kompetisi dalam negeri diseleksi untuk dijadikan tambahan bagi squad Timnas yang stagnan dan itu-itu saja tiap tahunnya. Bukan hanya itu, semua pemain berdarah Indonesia diluar negeri juga diseleksi untuk nantinya diproyeksikan sebagai masa depan Indonesia.

Dan sepertinya usaha itu hampir saja membuahkan hasil yang positif saat timnas menampilkan permainan mengaggumkan di ajang AFF. Tapi pencapaian timnas di ajang ini hanya menjadi klimaks bagi rakyat Indonesia untuk mencoba mencari alasan lain untuk menjabarkan kehausan rakyat indonesia akan gelar prestige di sepakbola. Dan tidak lama setelah ajang tersebut, semua rakyat Indonesia berharap dapat melihat Indonesia yang lebih baik dengan kudeta mereka terhadap Ketua Umum PSSI saat itu, Nurdin Halid. Mereka menganggap bahwa Nurdin lah penyebab keterpurukan Sepakbola Indonesia saat itu. Sampai akhirnya Nurdin pun turun dan berganti dengan Ketua Umum yang baru.

Tahun ini harapan rakyat Indonesia kembali membumbung tatkala Indonesia berhasil lolos dengan mengaggumkan melawan Turkmenistan di ajang penyisihan Piala Dunia zona Asia. Harapan besar dibebankan kepada pemain dan pelatih baru untuk kembali memperlihatkan sepakbola Indonesia sebenarnya. Tapi apa yang kita lihat dari 2 pertandingan terakhir melawan Iran dan Bahrain sepertinya kita masih harus bermimpi lebih lama lagi untuk melihat masa depan sepakbola Indonesia.

Jadi, harus mulai darimanakah agar mimpi kita dapat diwujudkan? Kompetisi liga yang kompetitif seperti era Galatama atau Liga Dunhill? Ataukah dengan ajang kuis untuk mencari bakat2 terpendam anak2 Indonesia? Ataukah dengan cara Instant, Naturalisasi??

Hanya waktu yang dapat menjawab semua itu, until then...

MENANG ATAU KALAH, GARUDA TETAP DI DADAKU!!!

Thats my say? what's yours?

unai cantona 07-09-2011 11:38 AM

Re: ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
ikut berpendapat Om....

menurut saya para pengurus PSSI lah yg harus di rombak (kalau ngak orangnya atau cara berpikirnya) karena merekalah yg membuat kebijakan....

peraturan yg mereka buat harus tegas dan jelas...jangan tiap tahun Format kompetisi harus di ubah & pembinaan usia dini yg ngak jelas arahnya...masalah wasit,IP & Suporter..kalau salah tindak tegas (jangan kasih hukuman ngak jelas & pandang Bulu)

PSSI harus berani dan tegas ke AFC/FIFA sebab menurut saya kita terus di curangi..(kejadian wasit di piala asia atau Laser malaysia di piala AFF)

red_girl_mia 07-09-2011 11:48 AM

Re: ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
gue mo komen tp gue pusing dengan segala politik dan kesemrawutan.
ga jadi komen aja,,
yg jelas kecewa dengan tingkah suporter yg arogan,
salah semua kalo di cari salah2 siapanya, jadi cuma bisa bilang.. semangggaaaattt!!!
nyalakan merahmu :champ:

Oom Panda 07-09-2011 02:29 PM

Re: ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
Yah.. tapi apa yang harus dilakukan oleh pemerintah, insan olahraga khususnya sepakbola or manajemen baru PSSI untuk bangkit dari keterpurukan saat ini???

Pertanyaan ini yang sampai saat ini belum terjawab sama sekali dan kesannya tidak ada yang peduli dengan kondisi sepakbola Indonesia saat ini...

Sehebat apapun Pelatih Timnas, kalo masih seperti ini yah ga akan maju2...

fredrian.seven 07-09-2011 03:43 PM

Re: ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
Ngelihat pertandingan semalem aku jadi inget gembar-gembor NH dulu.. 2022 (atau 2202) Indonesia ikut piala dunia. Jadi ketawa miris... masih sangat jauh angan2 itu. Sepak bola Indonesia ibarat maju 3 langkah mundur 2 langkah, maju 2 langkah mundur 3 langkah alias nggak maju2. Kebiajakan yang berubah2, apalagi klo udah disusupi politik buat perkembangan yang mandek.

Dari pada memikirkan target ikut piala dunia mending target membenahi kompetisi dulu. Setelah kompetisi jalan target terbaik ASEAN, dan baru setelah itu lewat baru mikir level asia dan piala dunia. Saat ini mungkin kebanyakan mimpi dan harapan tapi minim modal. Lebih baik fokus diri sendiri. Klo diri sendiri nggak bagus ya mo pelatih mourinho pun bakal susah berprestasi.

Indonesia punya modal besar di pemaen2nya, hanya mungkin salah asuhan aja. Ya moga sistem kompetisi yang baru bisa bertahan selamanya (nggak hanya selama kepemimpinan ketum PSSI sekarang aja) dan bisa meningkatkan kualitas pemaen lokal.

Ibarat kata Aa Gym, "Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan mulai dari sekarang.".

alpben 07-09-2011 04:38 PM

Re: ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
Sebagai Masyarakat memang pantas rindu akan kejayaan Sepak Bola Indonesia
seperti saya juga!
saya sarankan kepada awal permasalahan yaitu Si Om PSSI agar tidak mementingkan golongannya sendiri

saya sangat bingung kenapa Riedl yang begitu menyatu dengan permainan emas Indonesia saat AFF tiba2 di pecat!
sangat tidak realistis!!
seharusnya mereka lebih menghormati kontrak Riedl dgn PSSI yang lalu
walaupun mereka berhak juga
so,, LIAT KERINDUAN MASYARAKAT!

PSSI kan juga masyarakat! jadi kenapa selalu meresahkan sesama jenis???:ngoceh:

theater of dream 07-09-2011 05:26 PM

Re: ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
PSSI yang sekarang baru seumur jagung...
biarkan mereka bekerja dulu, ngga fair dan kurang pantas kalo kita ngejudge hasil kerja mereka kita campur adukkan mulai dari zaman Nurdin dulu...
memperbaiki yang lalu dan menyusun ke depan bukan tugas murah, apalagi memperbaiki yang sesuatu yang sudah karatan..
Kita wajib menilai kinerja pemain/pelatih menyangkut laga tadi malam tapi too early menilai kinerja PSSi secara umum..
paling ngga kita udah liat kemajuan yang signifikan dalam berbagai aspek..
*no offense*

goodfron 07-09-2011 05:38 PM

Re: ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
kalau saya menang kalah bukan masalah.... berandai-andai Indonesia masuk PD boleh... bermimpi kita diperhitungkan di Asia boleh... ato bernostalgia kita merajai Asean juga boleh....
kita menang ato kalah... juara ato tidak ndak bisa dibebankan hanya pada satu pihak.... tp jangan berharap dan pernah memandang ada masa depan yang cerah bagi persepakbolaan Indonesia kalau yang ngurusin bola para POLITIKUS!!

so... hanya satu menurut saya.... STOP POLITISASI SEPAK BOLA NASIONAL!!!
ndak peduli yang maen, jadi pelatih, yang ngurus siapa... asal bukan politikus dan ada politisasi sepak bola nasional insya Allah sepak bola kita perlahan-lahan akan bangkit dari dunia kelam.
Yang ada sekarang ini bukan siapa yang jadi pengurus.... "tapi apa motif mereka mau jadi pengurus".
OOT sedikit... sebenernya kita juga harus prihatin dengan prestasi dunia olah raga kita secara keseluruhan... khususon Bulu tangkis juga... kenapa ndak ada yg ribut dg prestasi bulu tangkis kita? kenapa ndak ada yg amu bikin PBSI tandingan ato me-kudeta pengurus PBSI skr? kenapa ndak ada yg mendemo pengurus PBSI? kenapa Presiden & Mentri Olah Raga ndak kebakaran jenggot ato merasa malu?

dibutuhkan orang gila semacam Azrul Ananda yg terbebas dari kepentingan politis.......... beruntung basket ada orang gila yg bebas dari kepentingan politik kepartaian..... semoga di cabang2 olah raga lain bisa segera menemukan orang serupa... khususon SEPAK BOLA NASIONAL... dan segera terlepas dari POLITIK PENCITRAAN!

Oom Panda 07-09-2011 06:26 PM

Re: ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
Sebenernya ga perlu kita bawa pengurus PSSI baru... Karena permasalahan permainan kita itu bukan karena pengurus PSSI, tapi karena para pemain itu sendiri...
Kenapa para pemain bermain seperti itu? Karena memang karakter permainan yg dibangun dalam kompetisi lokal seperti itu..
Dan ditambah doyannya pengurus memecat pelatih kalo ga sampe target memperburuk perkembangan sepakbola indonesia...
Jadi, mau sebagus apapun pelatih yg kita punya kalo banyak tangan yg ikut campur, karakter pemain masih sama, liga yang berantakan dan offisial yg ga kompeten, yah dijamin sepakbola Indonesia akan ketinggalan.. Apesnya kalah sama Kamboja (one day) kalo Indonesia ga berbenah.. Kita udah pernah kalah sama Laos, kalah sama Vietnam, kalah sama Singapur, yang sebenernya jaman dulu mereka ga ada apa2nya.. Tapi selagi mereka berbenah, kita mentingin organisasi sendiri, diri sendiri, partai sendiri bukan untuk sepakbola Indonesia...
http://img.kaskus.us/images/kaskusmobile_hp.gif

Oom Panda 07-09-2011 07:01 PM

Re: ★ Memandang Masa Depan Sepakbola Indonesia ★
 
Quote:

Originally Posted by goodfron (Post 336426)
kalau saya menang kalah bukan masalah.... berandai-andai Indonesia masuk PD boleh... bermimpi kita diperhitungkan di Asia boleh... ato bernostalgia kita merajai Asean juga boleh....
kita menang ato kalah... juara ato tidak ndak bisa dibebankan hanya pada satu pihak.... tp jangan berharap dan pernah memandang ada masa depan yang cerah bagi persepakbolaan Indonesia kalau yang ngurusin bola para POLITIKUS!!

so... hanya satu menurut saya.... STOP POLITISASI SEPAK BOLA NASIONAL!!!
ndak peduli yang maen, jadi pelatih, yang ngurus siapa... asal bukan politikus dan ada politisasi sepak bola nasional insya Allah sepak bola kita perlahan-lahan akan bangkit dari dunia kelam.
Yang ada sekarang ini bukan siapa yang jadi pengurus.... "tapi apa motif mereka mau jadi pengurus".
OOT sedikit... sebenernya kita juga harus prihatin dengan prestasi dunia olah raga kita secara keseluruhan... khususon Bulu tangkis juga... kenapa ndak ada yg ribut dg prestasi bulu tangkis kita? kenapa ndak ada yg amu bikin PBSI tandingan ato me-kudeta pengurus PBSI skr? kenapa ndak ada yg mendemo pengurus PBSI? kenapa Presiden & Mentri Olah Raga ndak kebakaran jenggot ato merasa malu?

dibutuhkan orang gila semacam Azrul Ananda yg terbebas dari kepentingan politis.......... beruntung basket ada orang gila yg bebas dari kepentingan politik kepartaian..... semoga di cabang2 olah raga lain bisa segera menemukan orang serupa... khususon SEPAK BOLA NASIONAL... dan segera terlepas dari POLITIK PENCITRAAN!

yup... ini bisa jadi salah satu alasan kuat untuk melihat kejatuhan sepakbola Indonesia. Namun, sebenarnya, kalau saja SDM kita itu bisa dikembangkan maka tanpa pengurus pun sebelas orang yang ada di lapangan bisa mengalahkan siapapun...
Tapi tanpa pengurus, SDM kita itu juga jadi bakat yang sia-sia... Jadi yah ini buah simalakama deh...

Lebih baik PSSI berkaca apa yang salah pada sistem mereka daripada mencoba mencari 1001 alasan untuk menyalahkan pelatih.


All times are GMT +8. The time now is 09:58 AM.

Powered by vBulletin® Version 3.8.2
Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.
User Alert System provided by Advanced User Tagging v3.0.6 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
United Indonesia - Manchester United Supporters Club of Indonesia